Sunday, September 22, 2013

36w, progresses and thoughts..


Jadi di kehamilan 36 minggu ini lagi rajin ngelus-ngelus perut, ngajakin ngobrol baby terutama biar cepet kepalanya di bawah dan masuk panggul, dan lagi rajin marathon Game of Thrones season-season awal. Hahaha. Niatnya mau rajin-rajin renang sama jalan kaki tapi ya gitu deh. Abisan mau renang gak mungkin keluar sendiri, gak enak juga minta anter mulu. Jalan kaki tiap pagi kudu rajin digalakan sekaligus mengusir kebiasaan bumil satu ini yang doyan bangun (agak) siang. Kemaren sih udah berhasil jalan pagi dengan tujuan utama beli bubur di pengkolan. Hihihi.

Meneguhkan hati buat gak beli birthing ball/gym ball karena sayang duitnya, makenya pun (mungkin) cuma beberapa minggu menjelang kelahiran dengan berharap penuh pada komunikasi dengan baby untuk muter dan persalinan yang nyaman. Latihan relaksasi dari kelas hypnobirthing juga kudu lebih rajin lagi. Jujur berharap banget bisa dapetin manfaat hypnobirthing nanti pas persalinan. Karena gimana ya, takutnya nanti kalo prakteknya pas persalinan gagal rileks bisa-bisa minta SC saking gak kuatnya sakit. Duh pengen deh bawa mbak Neny (praktisi hypnobirthingku) buat jadi doula pas persalinan nanti. Huhuhu.

Tentang hal-hal yang selama ini dibaca dan didengar dan dipelajari dari berbagai sumber selama hamil, beberapa temen punya prinsip-prinsip tertentu macam “udah pokoknya SC aja kalo ada indikasi baby kenapa-kenapa” atau prinsip “anak gue ntar pake pampers aja kagak usah ribet pake clodi”, atau juga “baby dikasih botol aja biar gak ribet”. Balik lagi ke kenyamanan masing-masing indvidu sih, nah makanya pengen bahas ini nih. Contohnya:

Keinginan utama jelas bisa lahiran normal. Untuk alasan seperti takut kalo SC bisa-bisa gak bisa IMD karena satu dan lain hal yang berhubungan dengan operasinya, takut sakit pasca operasinya, perawatan pasca operasinya juga. Berharapnya lahiran normal aja, sakit sekalian tapi cepet sembuhnya, bisa segera IMD trus bisa cepet kecil perutnya. Hahaha.

Ngomongin soal ASIP nah ini belum beli botol-botol ASIP, antara masih nyari yang murah sama masih dilema males-malesan perawatannya yang kudu disteril dulu mengingat setidaknya dua bulan pertama bakal masih ketemuan tiap hari sama baby. Huhuhu. Udah beli cupfeeder Medela yang kecil itu dua biji tapi mikir lagi, Ya ampun segigih-gigihnya aku mau minumin pake cupfeeder tapi yang ngelakuin itu nantinya pastinya pengasuhnya bukan emaknya. Kalo sama emaknya kan langsung aja nemplok ke pabriknya terus pas utak-atik Medela Swing kan ada bonusnya nipple Calma, kepikiran deh. Ya udah pake botol aja yah, tujuan utama gak diminumin pake botol itu kan biar gak bingung puting yuk mari kita berdayakan dot yang bekerja seperti puting. Dan tampaknya Calma bisa mengatasi itu, nanti dites dulu kalo berhasil ya kita pakai botol dan dot Calma. Tapi di beberapa review ada juga kok merk-merk dot lain yang bisa bekerja ala-ala Calma gitu.

Talking about diapers, dulu jaman awal-awal hamil iya sih pengennya yang eco-friendly and so on and so on jadilah browsing-browsing cloth diaper (clodi). Browsing -> liat rekomendasi -> liat harga -> mahal -> menyerah. Hahaha. Gak berani gambling sih, ada yang bilang kalo yang murah atau lokal kualitasnya gak sebagus yang impor. Kualitas ini balik lagi juga ke cocok atau nggaknya pas dipake baby. Iya kalo ayem-ayem aja nah kalo iritasi atau gimana? Dan yaaaa.. urusan cuci mencuci itu ya. Kemaren barusan nyuci-nyuci segala perlengkapan bayi yang udah dibeli (calon eyang kakungnya sih yang nyuciin) dan itu banyak bener ya bok cuciannya. Kecil-kecil tapi buanyaaakkk. Kagak kebayang nanti kalo masih kudu nyuci clodi juga. Jadi untuk clodi dipikirkan lagi next time ya. Hihihi.

Box bayi. Beberapa berpendapat nggak perlu karena bayi kan enakan tidur sama ortunya. Apalagi kalo tengah malem bangun minta minum pasti malesin kalo kudu bangun dari kasur, nenenin, terus balikin lagi ke box. Tapi pertimbangan utama beli box bayi kemaren adalah: si Ayah gak mau anaknya tidur sama emaknya karena emaknya kalo tidur kayak kitiran (-_-“) sementara dia nya kalo tidur anteng sih. Huhuhu. Ya dipikir-pikir itu box bayi bisa dipake jadi play yard juga kok. Milihnya yang bisa getar, ada musiknya, ada sensornya juga (menghbur diri sendiri padahal fiturnya belum pada dicobain) :D Moga-moga my baby mau ya bobo di box nya, biar emaknya gak dilema antara udah kadung beli box bayi sama kebiasaan tidur kayak kitiran yang gak tau diobatinnya pake apa. Hehehe.

Soal jenis kelamin. USG dari 6 bulan gagal ngeliat dari depan karena selalu ditutupin sama si baby, jadi kakinya disilangin gitu. Akhirnya diintipin dari bawah dan karena tidak ditemukan “monas” jadi dengan sederhana disimpulkanlah bahwa perkiraannya cewek. Sampe ke USG berikutnya masih kayak gitu dan aku udah nyantai aja sembarang ini cowok apa cewek sama aja. Tapi kalo nanya feeling ya dari awal hamil sih feelingnya cowok. Sampe pas ikut kelas hypnobirthing sesi pertama diajarin komunikasi sama baby pake pendulum dijawablah sama si baby kalo dia cowok. Huaaaaa terus disuruh nyoba lai ditanyain di rumah, jawabannya masih laki-laki.
Karena masih excited banget, besoknya nanya lagi, dikasih pilihan diantara 2 nama yang udah disiapin. Nama cowok sama nama cewek. Milihnya nama cowok. Hahaha. Jadi ya kadang-kadang dipanggillah pake nama pilihannya dia. Gak tau apakah ini bener-bener akurat karena selama si baby belum lahir belum tahu yang bener yang mana tapi setidaknya mari kita percayai apa yang disampaikan melalui komunikasi dengan baby. Kalo salah pun ya gakpapa toh balik lagi, cowok/cewek sama aja, nama udah siap dua-duanya, perlengkapan bayi udah disiapin yang netral. Amaaaannnn :D.

No comments:

Post a Comment